Selasa, 12 Februari 2013

Harapan Ku Untuk Kabupaten Pangandaran Tercinta

Sekedar Punya Ide dan peduli akan infrastruktur jalan Pangandaran - Cipatujah. Saya asli orang Pangandaran lahir dan besar di Pangandaran meski saya tinggal di daerah Kecamatan Sidamulih tapi saya bangga jadi warga Pangandaran, kali ini saya punya ide buat Kabupaten ku yang tercinta yaitu Pangandaran. Memang ironis akhir-akhir ini aku melihat jalan yang membentang dari arah barat Cimerak sampai timur Pangandaran yang rusak parah dari rusak berlobang tak tentu bentunya ada yang berlobang seperti kolam ikan sampai ada yang cembung seperti deretan kuburan orang.



Disini saya hanya memberi saran juga pendapat dan pemikiran saya : Sepanjang ruas jalan Pangandaran - Cimerak ini merupakan daerah wisata, seharusnya jangan dilewati dengan kegiatan pertambangan yang akan merusak sarana prasana yang dilewatinya, contoh : hilir mudiknya truk truk pengangkut hasil tambang pasir besi yang tiap harinya melintasi jalur tersebut, yang mengakibatkan jalan sepanjang itu rusak parah tak tentu bentuknya. seharunya Pangandaran ini mempunyai jalur pertambangan tersendiri terpisah dari jalur transportasi pariwisata yang memang seharusnya jalur pariwisata ini jangan tersentuh oleh kegiatan pertambangan apalagi Pangandaran ini mengandalkan pariwisata alamnya yang eksotik apabila jalannya rusak maka akan ditakutkan mengurangi minat juga daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung dan berlibur ke Pangandaran. jalur pertambangan ini bisa diakses melalui 2 pilihan yaitu darat menggunakan jalur kereta dan laut melalui kapal laut.


    Gambar: Jembatan Cikacepin yang kondisinya memprihatinkan sejak di tutupnya jalur ke Pangandaran


   Gambar: Jembatan Ciputrapinggan yang kondisinya memprihatinkan sejak di tutupnya jalur ke Pangandaran

1. Menggunakan kereta, kereta merupakan moda tranportasi yang bisa di bilang murah dan ekonomis selain itu juga kereta api merupakan kendaraan yang bisa di bilang cepat dan tepat waktu ketimbang kendaraan lain yang di darat. dengan kereta ini juga sebauh bahan tambang yang akan di angkut dari daerah tasikmalaya tepatnya di daerah cipatujah dan sekitarnya bisa diangkut menggunakan kereta api ini yang nantinya bisa dibuatkan statsiun di daerah tersebut yang dihubungkan dengan statsiun Cujulang dan langsung di hubungkan ke Statsiun Pangandaran juga ke Statsiun Kota Banjar. atau juga bisa membuat pengintegrasian antara statsiun dengan dermaga kapal laut yang ada di pangandaran itu sendiri. yang nantinya hasil tambang yang diangkut oleh kereta api tadi itu di bongkar muat dan diangkut menggunakan kapal laut menuju ke kota tujuannya masing-masing. Jalur kereta ini juga bisa digunakan untuk jalur kereta reguler yang bisa dipergunakan untuk memenuhi trayek ke beberapa kota-kota besar di Jabar, Banten, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, maupun Jatim. Jalur ini juga bisa diperguanakan untuk trayek kereta wisata alam yakni dari statsiun kalipucang masuk dan menyusuri ke hutan emplak dengan pemandangan yang indah terus ke Pangandaran hingga berhenti di statsiun Cijulang. Dari jalur kereta ini menawarkan potensi yang luar biasa sungguh menjanjikan. Dari mulai bisnis, wisata, hingga pertambangan. Satu lagi kelebihan dari jalur kereta ini dari pada jalur yang lainnya yaitu dibandingkan dengan jalur darat yaitu jalan raya jalur kereta ini tidak akan pernah mengenal kata jalan berlobang atau cembung ini itu, karena jalur kereta ini tahan lama. Ya paling jalur kereta ini sering anjlok. Namun jalur kereta dari Banjar ke Cijulang yanga melawati Pangandaran ini sudah lama di tututp dan sekarang menjadi jalur mati sejak tahun 1980 an. semoga saja sekarang Pangandaran sudah menjadi kabupaten yang berdiri sendiri untuk kedepannya jalur kereta api ini bisa hidup kembali.

2. Menggunakan kapal laut, kapal laut merupakan moda tranfortasi alternatif yang ke dua yang bisa digunakan untuk menyelaseaikan masalah pasir besi ini. dengan kapal laut semua hasil tambang akan diangkut dan di bawa ke kota tujuannya masing masing dengan kata lain disini harus membangun dermaga kapal laut yang tepatnya berada di daerah penghasil tambang pasir besi ini yakni daerah Cipatujah dan sekitarnya. 

Jadi jalur pertambangan yang melewati darah pangandaran - cimerak - cipatujah nantinya hanya bisa melewati dua jalur yaitu darat kereta api dan laut kapal laut, dan jalan darat yang biasanya dilewati truk truk pasir besi itu dilarang di pergunakan untuk aktivitas pertambangan dan diperuntukan untuk aktivitas pariwisata untuk daerah tersebut seperti Pantai Karapyak, Pantai karang Nini, Pantai Indah Pangandaran, Pantai Karang Tirta, Pantai Batu Hiu, Pantai Bojong Salawe, Pantai Batukaras, dan Pantai Madasari.

2 komentar:

  1. salam kenal dari saya, saya juga bloger pangndaran dari cigugur, saya stju dngn artikel anda,,, jangan lupa kunjungi blog saya di
    http://cutatangungun.wordpress.com/

    BalasHapus
  2. salam kenal kembali kang, wah tetanggaan dong kang aku juga di Sidamulih, terimakasih kang semoga artikel ini bisa dibaca oleh Yth. Bapak Pejabat Bupati Pangandaran. Ok siap kang On the Way ke blog akang , , .

    BalasHapus